Minggu, 17 Januari 2016

Sambutan Hangatmu Kala Aku Pulang

Ada banyak hal yang aku rindukan ketika lama tak bisa pulang ke rumah. Salah satunya pelukan hangat keponakan terlucuku untuk saat ini yang kerap kali mengejutkan. Pelukan yang selalu dia berikan ketika pertama kali tahu kalau tantenya yang cantik ini pulang, hehe. Pelukan tanda ucapan selamat datang sembari menanyakan, 
Te Hen, kenapa nggak pulang-pulang ke rumahnya Uti sama Kakung? Padahal Mamas sering nunggu Te Hen, tapi Te Hen nggak pulang-pulang.”      

Tahukah bagaimana perasaannya ketika mendengar langsung perkataan jujur dari mulut laki-laki kecil ini? Bahagia, terharu dan perasaan membuncah lainnya yang membuat hati siapapun menjadi luluh karenanya. Seketika itu pula banyak kontrak yang harus kulakukan bersamanya.
“Mau mandi sama siapa?”
“Te Hen.”
“Mau makan sama siapa?”
“Te Hen”

Dan banyak kontrak lainnya yang bila aku tulis maka akan menjadi seperti naskah drama nantinya. Bahkan, seringkali aku dibuat sibuk mondar-mandir olehnya. Iya, mondar-mandir untuk masak atau pekerjaan rumah lainnya dan menemani dia bermain. Jika aku berlama-lama pada pekerjaan rumah maka akan terjadi babak kedua dalam drama,
“Te Hen, kesini???”
“Sebentar Mas Reyhan, tante lagi masak…”
“Jangan lama-lama.”
“Iya, sebentar lagi...”

Itulah salah satu kesibukan baruku ketika aku pulang. Kesibukan yang justru membuat kerinduan yang mendalam bila tak kunjung bisa pulang….


Tidak ada komentar: