Selasa, 03 Maret 2015

Semua yang Tercipta Oleh-Nya Pasti Ada Alasannya

Judul ini secara tak senggaja aku temukan hikmahnya tatkala ku dapatkan salah satu mata kuliah di kampus. Sungguh baru sadar akan semua kebesaran-Nya yang telah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya yang hanya melafalkan kalimat "kun fayakun" maka jadilah apa yang Allah inginkan. Tentunya semua yang telah diciptakan-Nya membawa banyak manfaat bagi kehidupan. Hanya yang benar-benar memikirkannya lah yang dapat merasakan dengan sebaik-baiknya. Allah ciptakan mata, pasti ada manfaatnya, Allah ciptakan bumi dan langit tentu punya alasan tersendiri yang tak akan pernah jauh dari manfaat untuk makhluk-Nya.
Allah telah ciptakan apa yang Dia inginkan dalam berbagai ukuran, mulai yang tapak oleh mata manusia sampai yang tak tampak oleh mata menusia karena ukurannya yang diluar batas kemampuan mata manusia dapat melihat.

Pernah terbayangkan tidak jika makhluk kecil bernama bakteri yang ukurannya 1 mm masih terbagi lagi menjadi 1000 dapat terlihat oleh mata kita tanpa bantuan alat? Padahal makhluk yang satu ini terdapat dimana-mana. Mulai di udara, tubuh kita, alat-alat keseharian yang biasa kita pakai, pakaian, makanan, minuman, di sudut-sudut ruangan dan semua tempat dan benda yang ada di sekeliling kitalah tempat sang bakteri ada. Memang bakteri terdapat dua golongan, tentunya bakteri yang baik dan bakteri yang dapat menimbulkan masalah klinis atau disebut dengan istilah bakteri patogen.

Tapi coba sejenak kita bayangkan bersama jika ukuran mereka ditakdirkan Allah dapat dilihat oleh mata kita tanpa bantuan alat? Dapat dipastikan semua manusia yang ada di bumi takut mengkonsumsi makanan, minuan, melakukan aktivitas dan semua kegiatan manusiawi lainnya yang tentunya disanalah semua bakteri ada. Saya baru berpikir tentang hal ini tadi setelah mencoba menelaah apa yang dikatakan oleh dosen.

Dan benar adanya bahwa Allah menciptakan semuanya pasti ada sisi baiknya, tak mungkin bertujuan selain sisi kebaikan. Hanya saja manusia lah yang sering lalai dalam memanfaatkan apa yang telah diciptakan oleh Allah, sehingga yang sebelumnya diniatkan oleh Allah untuk hal kebaikan, justru disalah gunakan kegunaannya sehingga mudharatlah yang akan tercipta.
Hanya dari makhluk bernama bakteri saja kita dapat belajar banyak hal, terlebih pada semua hal yang telah Allah ciptakan. Inilah salah satu nasihat bagi diri kita, terlebih bagi diri ini.

Tidak ada komentar: